Wednesday, March 01, 2006

Asumsi Membawa Sesal

Matahari ummi.. Aisyah,
Malam ini ummi menyesali diri, kenapa tadi sore tidak berusaha melakukan cek dan recek atas apa yang terjadi. Maafkan ummi ya nak.., tadi sore ummi mengira Ais sudah pipis sembarangan karena ummi hanya meraba celana Ais dan ummi merasakan basah. Ummi bertanya sama Ais, " Ais pipis, Nak ?" Ais jawab " Nggak..!" tapi ummi tidak percaya karena yang ummi lihat kenyataannya celana Ais basah, terus ummi marah ke Ais karena ummi gak suka Ais pipis sembarangan. Sore itu Ais menangis karena ummi marah.... Setelah Abi pulang dari masjid , ummi bilang ke Abi kalo Ais pipis sembarangan. Abi terus cek kasur, karena ummi bilang Ais pipisnya di kasur. Tapi ternyata kasurnya kering sayang..HIks..ummi salah.., usut punya usut ternyata Ais tadi main air dan basah, tapi celananya gak ganti. Abi terus nyuruh ummi minta maaf.., HIks.. maafkan ummi ya sayang.. ummi salah gak ngecek dulu :( Duuh...Allah..beri ummi selalu kesabaran..

" penyesalan itu barangkali juga pernah kita rasakan, saat kita tidak melakukan mekanisme tabayyun/cek dan ricek atas permasalahan yang terjadi, dengan serta merta emosi kita bangkit karena sesuatu yang sama sekali tidak pernah dilakukan orang lain. Jalinan ukhuwah yang dirajut sejak lama bisa putus, dua sahabat karib menjadi musuh, orang yang dicinta balik dibenci, dan lain-lain kontradiksi keadaan dapat tercipta karena mekanisme itu kita lupakan. Pelajaran itu hari ini kudapatkan...Jangan percaya asumsi tanpa bukti, karena itu hanya akan membawa kepada keadaan yang kontraproduktif yang menyisakan sesal sesudahnya."


" I'm sorry for that fault sweety....?!:( "


USA, Feb 21st, 2006

2 comments:

Tika said...

Memang kadang-kadang kita orangtua berlaku demikian... semoga Allah mengampuni kita...

Ur Cousin said...

Seharusnya, sebelumnya waktu diraba celananya basah..cek dulu ada bau pipis gk di celananya klo gak berarti itu air. ^^'

Kusemat cinta berbalut doa di kedalaman samudera hati orang - orang terkasih.......